Mengenal NPD, Gangguan Narsistik Manipulatif yang Diceritakan Istri Virgoun
Sumber: canva.com

Health / 27 April 2023

Kalangan Sendiri

Mengenal NPD, Gangguan Narsistik Manipulatif yang Diceritakan Istri Virgoun

Claudia Jessica Official Writer
2027

Saat publik dihebohkan dengan berita perselingkuhan vokalis band Last Child, (Virgoun Teguh Putra), istrinya (Inara Rusli) membongkar sebuah fakta yang mengejutkan. Dalam unggahannya di akun Instagramnya (@mommy_starla), Inara mengungkapkan isi hatinya dan menulis, “Nggak ada yang akan pernah ngerti kalau belum pernah berhadapan dengan NPD abuser.”

Inara seolah mengungkap perselingkuhan yang dilakukan oleh suaminya berkaitan dengan kondisi psikologis Virgoun yang disebut mengidap Narcissistic Personality Disorder atau gangguan kepribadian narsistik.

Apa itu Narcissistic Personality Disorder atau NPD Abuser?

Narcissistic Personality Disorder atau NPD adalah gangguan kepribadian yang ditandai oleh pola perilaku narsistik dan grandiose (merasa sangat penting), kebutuhan untuk dipuji dan diakui, serta kurangnya empati terhadap orang lain. Sementara itu, NPD abuser adalah individu yang memiliki NPD dan sering menggunakan perilaku manipulatif, merugikan, atau bahkan kekerasan untuk memperoleh keuntungan atau memperkuat posisi mereka dalam hubungan interpersonal.

Dengan kata lain, NPD adalah kondisi psikologis yang dimiliki seseorang, sedangkan NPD abuser adalah perilaku atau tindakan yang dilakukan oleh individu yang memiliki NPD. Orang dengan NPD biasanya menganggap dirinya lebih unggul daripada orang lain dan membutuhkan perhatian yang terus-menerus dari orang lain. Mereka juga cenderung tidak empati dan merasa bahwa mereka berhak mendapatkan perlakuan istimewa.

Seorang individu dengan NPD tidak selalu melakukan tindakan merugikan atau manipulatif terhadap orang lain. Namun, NPD abuser seringkali melakukan hal tersebut sebagai bagian dari kebutuhan mereka untuk mempertahankan rasa superioritas dan kontrol terhadap orang lain.

Berikut adalah beberapa gejala dari NPD yang perlu Anda perhatikan:

  • Memiliki keyakinan yang berlebihan akan kemampuan atau keberhasilan mereka
  • Mencari perhatian dan pujian dari orang lain secara terus-menerus
  • Merasa lebih unggul dan lebih penting dari orang lain
  • Kurangnya empati dan kesulitan memahami perasaan orang lain
  • Menuntut perhatian dan pengakuan yang berlebihan
  • Terobsesi dengan kekuasaan, keberhasilan, dan keindahan fisik

Meskipun sulit untuk mengobati NPD, terapi dan konseling dapat membantu dalam memahami dan mengelola gejala-gejala yang terkait dengan gangguan ini.

NPD dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk hubungan dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Orang dengan NPD cenderung sulit untuk bekerja sama dan mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain karena mereka cenderung hanya memperhatikan kepentingan mereka sendiri. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi karir mereka karena mereka cenderung tidak suka bekerja sama dengan orang lain dan kesulitan menerima kritik.

Penting bagi seseorang yang menderita atau dicurigai menderita NPD untuk mencari bantuan profesional dan mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman-teman mereka. Menerima diagnosis dan mengambil langkah untuk mengelola gejala-gejala dapat membantu seseorang dengan NPD untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan memperbaiki hubungan interpersonal mereka.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami